top of page

専門職グループ

公開·14名のメンバー
Justin Corleone
Justin Corleone

Pengembangan Model ADDIE Berbasis Media Digital: Studi Kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi


Pengembangan Model ADDIE: Konsep, Tahapan dan Manfaat




Pengembangan model ADDIE adalah salah satu metode yang sering digunakan dalam desain pembelajaran. Model ini merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation yang menggambarkan lima tahapan utama dalam proses pengembangan bahan ajar, media pembelajaran, kurikulum dan program pelatihan. Model ini dapat diterapkan dalam berbagai bidang dan konteks pendidikan, termasuk pendidikan agama Islam, sejarah, ekonomi dan lain-lain.




pengembangan model addie pdf download



Pengembangan model ADDIE bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran dengan memperhatikan kebutuhan, karakteristik dan tujuan peserta didik. Model ini juga bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran yang sesuai dengan standar kriteria dan indikator yang telah ditetapkan. Model ini juga bertujuan untuk mengukur dampak dan hasil pembelajaran dengan menggunakan berbagai teknik evaluasi.


Konsep Pengembangan Model ADDIE




Pengembangan model ADDIE didasarkan pada konsep sistematis dan siklus belajar. Konsep sistematis berarti bahwa setiap tahapan dalam model ini saling terkait dan mempengaruhi satu sama lain. Konsep siklus belajar berarti bahwa setiap tahapan dalam model ini dapat diulang dan diperbaiki berdasarkan umpan balik dan hasil evaluasi.


Pengembangan model ADDIE juga didasarkan pada konsep behavioristik dan konstruktivistik dalam pembelajaran. Konsep behavioristik berarti bahwa pembelajaran diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang spesifik dan terukur dengan menggunakan stimulus dan respon. Konsep konstruktivistik berarti bahwa pembelajaran diarahkan untuk membangun pengetahuan dan pemahaman peserta didik dengan menggunakan pengalaman, interaksi dan refleksi.


Tahapan Pengembangan Model ADDIE




Pengembangan model ADDIE terdiri dari lima tahapan utama, yaitu:


  • Analisis (Analysis). Tahap ini meliputi pengumpulan dan analisis data tentang kebutuhan, karakteristik, latar belakang, motivasi, minat dan tujuan peserta didik. Tahap ini juga meliputi analisis tentang materi, konten, konsep, fakta dan prosedur yang akan disampaikan dalam pembelajaran. Tahap ini bertujuan untuk menentukan masalah, tujuan, sasaran dan strategi pembelajaran.



  • Perancangan (Design). Tahap ini meliputi perancangan struktur, format, tata letak, warna, grafik, animasi, suara, video dan elemen lain yang akan digunakan dalam produk pembelajaran. Tahap ini juga meliputi perancangan skenario, storyboard, skrip, dialog, instruksi, aktivitas, latihan, tes dan evaluasi yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Tahap ini bertujuan untuk mengembangkan blueprint atau rancangan awal produk pembelajaran.



  • Pengembangan (Development). Tahap ini meliputi pengembangan atau produksi produk pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah dibuat sebelumnya. Tahap ini juga meliputi pengujian atau validasi produk pembelajaran untuk memastikan kualitas dan kelayakan produk pembelajaran. Tahap ini bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran yang siap digunakan.



  • Implementasi (Implementation). Tahap ini meliputi implementasi atau pelaksanaan produk pembelajaran kepada peserta didik. Tahap ini juga meliputi penyediaan fasilitas, sumber daya, bantuan dan dukungan yang diperlukan dalam proses pembelajaran. Tahap ini bertujuan untuk menyampaikan produk pembelajaran kepada peserta didik secara efektif dan efisien.



  • Evaluasi (Evaluation). Tahap ini meliputi evaluasi atau penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran. Tahap ini juga meliputi pengumpulan dan analisis data tentang reaksi, pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku peserta didik setelah mengikuti pembelajaran. Tahap ini bertujuan untuk mengukur dampak dan hasil pembelajaran serta memberikan umpan balik untuk perbaikan.



Manfaat Pengembangan Model ADDIE




Pengembangan model ADDIE memiliki beberapa manfaat bagi guru atau learning designer maupun peserta didik. Beberapa manfaat tersebut adalah:


  • Bagi guru atau learning designer, pengembangan model ADDIE dapat membantu mereka dalam merencanakan, mengembangkan, melaksanakan dan mengevaluasi produk pembelajaran secara sistematis dan profesional. Pengembangan model ADDIE juga dapat membantu mereka dalam meningkatkan kreativitas, inovasi dan keterampilan dalam desain pembelajaran.



  • Bagi peserta didik, pengembangan model ADDIE dapat membantu mereka dalam mendapatkan produk pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, karakteristik dan tujuan mereka. Pengembangan model ADDIE juga dapat membantu mereka dalam meningkatkan motivasi, minat dan partisipasi dalam proses pembelajaran. Pengembangan model ADDIE juga dapat membantu mereka dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku yang diharapkan dari pembelajaran.



Kesimpulan




Pengembangan model ADDIE adalah salah satu metode yang sering digunakan dalam desain pembelajaran. Model ini merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation yang menggambarkan lima tahapan utama dalam proses pengembangan bahan ajar, media pembelajaran, kurikulum dan program pelatihan. Model ini dapat diterapkan dalam berbagai bidang dan konteks pendidikan dengan memperhatikan kebutuhan, karakteristik dan tujuan peserta didik.


Pengembangan model ADDIE memiliki beberapa manfaat bagi guru atau learning designer maupun peserta didik. Bagi guru atau learning designer, pengembangan model ADDIE dapat membantu mereka dalam merencanakan, mengembangkan, melaksanakan dan mengevaluasi produk pembelajaran secara sistematis dan profesional. Bagi peserta didik, pengembangan model ADDIE dapat membantu mereka dalam mendapatkan produk pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, karakteristik dan tujuan mereka serta meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku yang diharapkan dari pembelajaran.


Kami harap artikel ini dapat membantu Anda memahami konsep, tahapan dan manfaat pengembangan model ADDIE dalam desain pembelajaran. Jika Anda memiliki pertanyaan atau tanggapan tentang artikel ini, silakan tinggalkan komentar di bawah ini.


Contoh Pengembangan Model ADDIE dalam Pembelajaran




Pengembangan model ADDIE dapat diterapkan dalam berbagai bidang dan konteks pembelajaran dengan menyesuaikan dengan materi, media, metode dan sasaran pembelajaran yang diinginkan. Berikut adalah beberapa contoh pengembangan model ADDIE dalam pembelajaran:


  • Pengembangan model ADDIE dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Salah satu contoh penelitian yang menggunakan model ini adalah penelitian yang dilakukan oleh Hidayat dan Nizar (2021) yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis model ADDIE dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Parongpong dan SMAN 19 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode library research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ADDIE dapat diterapkan secara prosedural, siklikal dan integratif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dengan memperhatikan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi bahan ajar.



  • Pengembangan model ADDIE dalam pembelajaran sejarah. Salah satu contoh penelitian yang menggunakan model ini adalah penelitian yang dilakukan oleh Almahera et al. (2023) yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa E-modul sejarah sebagai inovasi bahan ajar digital berbasis aplikasi Canva untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Balung Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-modul sejarah yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE memiliki validitas dan efektivitas yang tinggi serta dapat meningkatkan minat belajar siswa.



  • Pengembangan model ADDIE dalam pembelajaran ekonomi. Salah satu contoh penelitian yang menggunakan model ini adalah penelitian yang dilakukan oleh Cahyadi (2019) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran ekonomi berbasis Android dengan platform Kodular pada materi pengantar ilmu ekonomi untuk siswa kelas X di SMAN Balung Kabupaten Jember tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode research and development (R&D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ekonomi yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE memiliki kualitas dan kelayakan yang baik serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.



Tantangan dan Solusi Pengembangan Model ADDIE dalam Pembelajaran




Pengembangan model ADDIE dalam pembelajaran tidaklah mudah dan tanpa hambatan. Ada beberapa tantangan yang mungkin dihadapi oleh guru atau learning designer dalam menerapkan model ini, seperti:


  • Kurangnya sumber daya, waktu, anggaran dan fasilitas yang dibutuhkan dalam proses pengembangan model ADDIE.



  • Kurangnya kemampuan, keterampilan, pengalaman dan pengetahuan guru atau learning designer dalam menggunakan model ADDIE.



  • Kurangnya kerjasama, komunikasi dan koordinasi antara guru atau learning designer dengan pihak-pihak terkait dalam proses pengembangan model ADDIE.



  • Kurangnya dukungan, motivasi dan apresiasi dari pihak-pihak terkait terhadap produk pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE.



Untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut, ada beberapa solusi yang dapat dilakukan oleh guru atau learning designer, seperti:


  • Memanfaatkan sumber daya, waktu, anggaran dan fasilitas yang tersedia secara optimal dan efisien dalam proses pengembangan model ADDIE.



  • Meningkatkan kemampuan, keterampilan, pengalaman dan pengetahuan guru atau learning designer dalam menggunakan model ADDIE melalui pelatihan, bimbingan, konsultasi dan studi literatur.



  • Meningkatkan kerjasama, komunikasi dan koordinasi antara guru atau learning designer dengan pihak-pihak terkait dalam proses pengembangan model ADDIE melalui rapat, diskusi, presentasi dan laporan.



  • Meningkatkan dukungan, motivasi dan apresiasi dari pihak-pihak terkait terhadap produk pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE melalui sosialisasi, promosi, publikasi dan penghargaan.



Kesimpulan




Pengembangan model ADDIE adalah salah satu metode yang sering digunakan dalam desain pembelajaran. Model ini merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation yang menggambarkan lima tahapan utama dalam proses pengembangan bahan ajar, media pembelajaran, kurikulum dan program pelatihan. Model ini dapat diterapkan dalam berbagai bidang dan konteks pendidikan dengan memperhatikan kebutuhan, karakteristik dan tujuan peserta didik.


Pengembangan model ADDIE memiliki beberapa manfaat bagi guru atau learning designer maupun peserta didik. Bagi guru atau learning designer, pengembangan model ADDIE dapat membantu mereka dalam merencanakan, mengembangkan, melaksanakan dan mengevaluasi produk pembelajaran secara sistematis dan profesional. Bagi peserta didik, pengembangan model ADDIE dapat membantu mereka dalam mendapatkan produk pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, karakteristik dan tujuan mereka serta meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku yang diharapkan dari pembelajaran.


Pengembangan model ADDIE juga memiliki beberapa tantangan yang mungkin dihadapi oleh guru atau learning designer dalam menerapkan model ini, seperti kurangnya sumber daya, waktu, anggaran dan fasilitas, kurangnya kemampuan, keterampilan, pengalaman dan pengetahuan, kurangnya kerjasama, komunikasi dan koordinasi serta kurangnya dukungan, motivasi dan apresiasi. Untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut, ada beberapa solusi yang dapat dilakukan oleh guru atau learning designer, seperti memanfaatkan sumber daya, waktu, anggaran dan fasilitas secara optimal dan efisien, meningkatkan kemampuan, keterampilan, pengalaman dan pengetahuan melalui pelatihan, bimbingan, konsultasi dan studi literatur, meningkatkan kerjasama, komunikasi dan koordinasi melalui rapat, diskusi, presentasi dan laporan serta meningkatkan dukungan, motivasi dan apresiasi melalui sosialisasi, promosi, publikasi dan penghargaan.


Kami harap artikel ini dapat membantu Anda memahami konsep, tahapan, manfaat, tantangan dan solusi pengembangan model ADDIE dalam desain pembelajaran. Jika Anda memiliki pertanyaan atau tanggapan tentang artikel ini, silakan tinggalkan komentar di bawah ini. ca3e7ad8fd


グループについて

グループへようこそ!他のメンバーと交流したり、最新情報をチェックしたり、動画をシェアすることもできます。
bottom of page